BWS CALL 1500-012
Obligasi Page Banner
PRODUK & LAYANAN > LAYANAN LAINNYA > OBLIGASI


SBN Retail

PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906, Tbk (Bank Woori Saudara) menawarkan solusi investasi kepada Anda melalui rangkaian produk Obligasi, yaitu dengan Instrument investasi pendapatan tetap yang memiliki tingkat risiko relatif rendah, salah satunya yaitu Surat Berharga Negara (SBN) Retail.

Surat Berharga Negara (SBN) ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia. SBN ritel dibuat dengan tujuan untuk memberi kesempatan untuk masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan negara.

Berikut jenis-jenis instrumen dan karakteristik SBN:

kpkb

Keuntungan investasi SBN:
1. 100% Aman.
Pembayaran imbal hasil dan pokok investasi dijamin oleh undang-undang.
2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank, dengan pajak yang lebih rendah.
3. Minimal Pembelian Terjangkau
Pembelian minimal dari Rp 1.000.000.
4. Kontribusi Bantu Negara
Turut berperan aktif dalam membangun negara dan ikut serta dalam upaya mengurangi ketergantungan kepada investor asing.
5. Mudah dan Praktis
Pendaftaran dan transaksi 100% online. Pembayaran dapat dilakukan pada Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.
6. Imbal Hasil yang rutin
Imbal hasil akan dikirimkan langsung ke rekening investor setiap bulan atau periode tertentu sesuai dengan ketentuan produk.

Risiko investasi SBN:
1. Risiko Gagal Bayar (Default Risk)
Risiko gagal bayar adalah ketidakmampuan penerbit untuk membayar kupon atau mengembalikan pokok obligasi.
2. Risiko Likuiditas (Liquidity Risk)
Risiko likuiditas adalah potensi kerugian apabila sebelum jatuh tempo pemilik SBN Ritel yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual SBN Ritel di pasar sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar.
3. Risiko Pasar (Market Risk)
Risiko Pasar adalah potensi kerugian bagi investor apabila terjadi kenaikan tingkat suku bunga yang menyebabkan penurunan harga SBN Ritel di pasar sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila investor menjual SBN Ritel di pasar sekunder sebelum jatuh tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya.

Cara Kerja SBN:

Setelah melakukan pembelian terhadap SBN, maka berikut ini adalaj mekanisme atau cara kerja dari SBN:

Pembelian oleh calon investor dilakukan selama masa penawaran. Selama periode penawaran, calon investor dapat melakukan pembelian produk SBN. Setiap produk SBN memiliki jadwal periode penawarannya masing-masing.

kpkb

ORI021

Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 menjadi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel pertama yang akan diterbitkan pemerintah pada tahun ini. Rencananya, masa penawaran akan berlangsung pada 24 Januari - 17 Februari 2022.
Untuk pemesanan ORI021 silakan klik link berikut : https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

• Mengenal Obligasi Negara Ritel (ORI)

ORI bersifat tradeable, yaitu dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah diterbitkan di pasar perdana. Perdagangan di pasar sekunder dibuka setelah minimum holding period selesai. Karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder maka harga ORI bisa naik dan turun tergantung permintaan di pasar.

kpkb

• Langkah Mudah Dalam Berinvestasi

kpkb

1. Registrasi
Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Calon Investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh Bank Woori Saudara sebagai Sub Mitra Distribusi dari PT Trimegah Sekuritas, Tbk, dengan menginput data-data antara lain, data diri dan nomor Rekening BWS.
2. Pemesanan
Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBN Ritel dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran.
3. Pembayaran
Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.
4. Konfirmasi
Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBN Ritel pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah setelmen, investor akan mendapatkan Bukti Konfirmasi Kepemilikan SBN Ritel yang akan dikirimkan melalui email.

• Informasi Penting

1. Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual dan TIDAK bertanggung jawab atas pengambilan keputusan nasabah.
2. Produk obligasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah. Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian investasi di produk obligasi.
3. Calon nasabah wajib mengerti atas produk Obligasi tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi
4. Obligasi adalah produk pasar modal, BUKAN produk yang diterbitkan oleh Bank Woori Saudara
5. Investasi Obligasi, baik pokok dan pengembaliannya, tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara dan afiliasi-afiliasinya dan tidak termasuk dalam cakupan obyek penjaminan simpanan oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
6. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa mendatang.

SR016

TENTANG SUKUK RITEL (SR)

SR adalah obligasi pemerintah yang dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur judi dan riba, serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Dana hasil penerbitan digunakan untuk pembelian hak manfaat barang milik negara dan pengadaan proyek. Imbalan Hasil (kupon) berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Untuk pemesanan SR016 silahkan klik link berikut: https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

KARAKTERISTIK PRODUK

karakteristik_produk

MANFAAT PRODUK

1. Potensi keuntungan lebih dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbalan/kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio yang memiliki potensi risiko kerugian yang lebih kecil, karena pelunasan dan pembayaran imbalan/kupon Sukuk Negara Retail Seri SR016 sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang.
3. Nasabah berpotensi memperoleh keuntungan (capital gain) apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo, dengan memperhitungkan biaya transaksi dan perpajakan yang berlaku.
4. Nasabah mendapatkan manfaat dengan penerimaan imbalan/kupon secara reguler setiap periodenya sampai dengan jatuh tempo.
5. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional
6. Sesuai dengan Prinsip Syariah dengan menggunakan akad ijarah (asset to be leased).

Risiko Produk

Penempatan investasi dalam produk Sukuk Ritel ini mengandung risiko-risiko termasuk namun tidak terbatas pada risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Nasabah bertanggungjawab mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko yang berlaku baginya dalam berinvestasi.

Merupakan risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR016. Sebagai instrumen pasar modal, Sukuk Negara Retail Seri SR016 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR016 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

Adalah potensi kerugian (capital loss) apabila terjadi kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga Sukuk Negara Retail Seri SR016 di Pasar Sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila Investor menjual Sukuk Negara Retail Seri SR016 di Pasar Sekunder sebelum Tanggal Jatuh Tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya. Risiko pasar dalam investasi Sukuk Negara Retail Seri SR016 dapat dihindari apabila pembeli Sukuk Negara Retail Seri SR016 tetap memiliki Sukuk Negara Retail Seri SR016 sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo, dan hanya menjual Sukuk Negara Retail Seri SR016 jika harga jual (pasar) lebih tinggi daripada harga beli. Pada saat harga pasar turun, Investor tetap mendapat Imbalan/Kupon setiap bulan sampai jatuh tempo. Investor tetap menerima pelunasan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR016 sebesar 100% (seratus per seratus) ketika Sukuk Negara Retail Seri SR016 jatuh tempo.

Adalah potensi kerugian apabila sebelum Tanggal Jatuh Tempo Pemilik Sukuk Negara Retail Seri SR016 yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual Sukuk Negara Retail Seri SR016 di Pasar Sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena Bank Woori Saudara bekerja sama dengan PT Trimegah Sekuritas, Tbk yang akan menjadi stand buy buyer.

ILUSTRASI

Ilustrasi di bawah ini merupakan gambaran skenario yang mungkin terjadi, namun bukan merupakan proyeksi atas kinerja Sukuk Negara Retail Seri SR016 di masa mendatang.
ilustrasi

skenario_1

skenario_2

skenario_3

MEKANISME PEMBELIAN SR016


Tiap instrumen memiliki periode masa penawaran, SR016 hanya dapat dibeli pada masa penawaran tanggal 25 Februari – 17 Maret 2022.

Satu minggu setelah masa penawaran berakhir pada tanggal Settlement, Kemenkeu akan melakukan pencatatan surat berharga milik Investor.

Paling lambat dua minggu setelah pencatatan (tanggal Settlement), surat kepemilikan akan diterima oleh Investor melalui e-mail yang terdaftar.

Kupon yang sudah dipotong pajak akan langsung dikirimkan ke rekening Investor rutin tiap bulannya hingga jatuh tempo selama 3 tahun.

Pada tanggal jatuh tempo, sisa kepemilikan dan imbal hasil yang tersisa otomatis dikirimkan ke rekening Investor.

• Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Woori Saudara sehingga tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara, BUKAN merupakan bagian dari simpanan nasabah pada Bank Woori Saudara sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
• Investasi pada produk Sukuk Ritel mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Sukuk Ritel yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, dan oleh karenanya Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana yang telah dijabarkan akan menjadi tanggung jawab Nasabah.

SBR011

TENTANG SAVINGS BOND RITEL (SBR011)

SBR adalah obligasi pemerintah yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana Domestik yang tidak dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder.

Untuk pemesanan SBR011 silahkan klik link berikut: https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

KARAKTERISTIK PRODUK

karakteristik_produk

MANFAAT PRODUK

1. Terdapat Potensi keuntungan lebih yang dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbalan/kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio yang memiliki potensi risiko kerugian yang lebih kecil, karena pelunasan dan pembayaran imbalan/kupon Savings Bond Retail Seri SBR011 sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang.
3. Nasabah mendapatkan manfaat dengan penerimaan imbalan/kupon secara reguler setiap periodenya sampai dengan jatuh tempo.
4. Kupon bersifat Floating with Floor.
5. Terdapat Fasilitas Windows Early Redemption.
6. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembangunan Indonesia.

Risiko Produk

Penempatan investasi dalam produk Savings Bond Ritel ini mengandung risiko-risiko termasuk namun tidak terbatas pada risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Nasabah bertanggungjawab mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko yang berlaku baginya dalam berinvestasi.

Risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik imbalan/kupon dan nilai nominal.SBR tidak mempunyai risiko gagal bayar mengingat berdasarkan Undang-Undang SUN, negara menjamin pembayaran kupon dan pokok. Surat Utang Negara, termasuk SBR011 sampai dengan jatuh tempo, yang dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Risiko apabila terjadinya perubahan tingkat bunga di pasar yang berpotensi menyebabkan kerugian bagi investor. SBR011 tidak memiliki risiko tingkat bunga karena tingkat kupon SBR011 mengikuti pergerakan Suku Bunga Acuan dengan jaminan tingkat kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo.

Potensi kerugian apabila investor tidak dapat melikuidasi produk investasi dalam waktu yang cepat pada harga yang wajar. SBR011 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Namun, investor dapat mencairkan SBR011 yang dimilikinya sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas pelunasan sebelum jatuh tempo (Early Redemtion) sesuai ketentuan.

MEKANISME PEMBELIAN SBR011


Tiap instrumen memiliki periode masa penawaran, SBR011 hanya dapat dibeli pada masa penawaran tanggal 25 Mei – 16 Juni 2022.

Satu minggu setelah masa penawaran berakhir pada tanggal Settlement, Kemenkeu akan melakukan pencatatan surat berharga milik Investor.

Paling lambat dua minggu setelah pencatatan (tanggal Settlement), surat kepemilikan akan diterima oleh Investor melalui e-mail yang terdaftar.

Kupon yang sudah dipotong pajak akan langsung dikirimkan ke rekening Investor rutin tiap bulannya hingga jatuh tempo selama 2 tahun.

Pada tanggal jatuh tempo, sisa kepemilikan dan imbal hasil yang tersisa otomatis dikirimkan ke rekening Investor.

• Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Woori Saudara sehingga tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara, BUKAN merupakan bagian dari simpanan nasabah pada Bank Woori Saudara sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
• Investasi pada produk Savings Bond Ritel (SBR) mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Savings Bond Ritel (SBR) yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, dan oleh karenanya Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana yang telah dijabarkan akan menjadi tanggung jawab Nasabah.

SR017

TENTANG SUKUK RITEL (SR)

SR adalah obligasi pemerintah yang dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur judi dan riba, serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Dana hasil penerbitan digunakan untuk pembelian hak manfaat barang milik negara dan pengadaan proyek. Imbalan Hasil (kupon) berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Untuk pemesanan SR017 silahkan klik link berikut: https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

KARAKTERISTIK PRODUK

karakteristik_produk

MANFAAT PRODUK

1. Potensi keuntungan lebih dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbalan/kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio yang memiliki potensi risiko kerugian yang lebih kecil, karena pelunasan dan pembayaran imbalan/kupon Sukuk Negara Retail Seri SR017 sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang.
3. Nasabah berpotensi memperoleh keuntungan (capital gain) apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo, dengan memperhitungkan biaya transaksi dan perpajakan yang berlaku.
4. Nasabah mendapatkan manfaat dengan penerimaan imbalan/kupon secara reguler setiap periodenya sampai dengan jatuh tempo.
5. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
6. Sesuai dengan Prinsip Syariah dengan menggunakan akad ijarah (asset to be leased).

Risiko Produk

Penempatan investasi dalam produk Sukuk Ritel ini mengandung risiko-risiko termasuk namun tidak terbatas pada risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Nasabah bertanggungjawab mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko yang berlaku baginya dalam berinvestasi.

Merupakan risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR017. Sebagai instrumen pasar modal, Sukuk Negara Retail Seri SR017 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR017 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

Adalah potensi kerugian (capital loss) apabila terjadi kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga Sukuk Negara Retail Seri SR017 di Pasar Sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila Investor menjual Sukuk Negara Retail Seri SR017 di Pasar Sekunder sebelum Tanggal Jatuh Tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya. Risiko pasar dalam investasi Sukuk Negara Retail Seri SR017 dapat dihindari apabila pembeli Sukuk Negara Retail Seri SR017 tetap memiliki Sukuk Negara Retail Seri SR017 sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo, dan hanya menjual Sukuk Negara Retail Seri SR017 jika harga jual (pasar) lebih tinggi daripada harga beli. Pada saat harga pasar turun, Investor tetap mendapat Imbalan/Kupon setiap bulan sampai jatuh tempo. Investor tetap menerima pelunasan Nilai Nominal Sukuk Negara Retail Seri SR017 sebesar 100% (seratus per seratus) ketika Sukuk Negara Retail Seri SR017 jatuh tempo.

Adalah potensi kerugian apabila sebelum Tanggal Jatuh Tempo Pemilik Sukuk Negara Retail Seri SR017 yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual Sukuk Negara Retail Seri SR017 di Pasar Sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena Bank Woori Saudara bekerja sama dengan PT Trimegah Sekuritas, Tbk yang akan menjadi stand buy buyer.

ILUSTRASI

Ilustrasi di bawah ini merupakan gambaran skenario yang mungkin terjadi, namun bukan merupakan proyeksi atas kinerja Sukuk Negara Retail Seri SR017 di masa mendatang.
ilustrasi

skenario_1

skenario_2

skenario_3

MEKANISME PEMBELIAN SR017


Tiap instrumen memiliki periode masa penawaran, SR017 hanya dapat dibeli pada masa penawaran tanggal 19 Agustus – 14 September 2022.

Satu minggu setelah masa penawaran berakhir pada tanggal Settlement, Kemenkeu akan melakukan pencatatan surat berharga milik Investor.

Paling lambat dua minggu setelah pencatatan (tanggal Settlement), surat kepemilikan akan diterima oleh Investor melalui e-mail yang terdaftar.

Kupon yang sudah dipotong pajak akan langsung dikirimkan ke rekening Investor rutin tiap bulannya hingga jatuh tempo selama 3 tahun.

Pada tanggal jatuh tempo, sisa kepemilikan dan imbal hasil yang tersisa otomatis dikirimkan ke rekening Investor.

• Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Woori Saudara sehingga tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara, BUKAN merupakan bagian dari simpanan nasabah pada Bank Woori Saudara sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
• Investasi pada produk Sukuk Ritel mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Sukuk Ritel yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, dan oleh karenanya Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana yang telah dijabarkan akan menjadi tanggung jawab Nasabah.

ORI022

TENTANG OBLIGASI NEGARA RITEL (ORI)

ORI adalah obligasi pemerintah yang merupakan salah satu instrument Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada perseorangan Warga Negara Indonesia. ORI bersifat tradeable yaitu dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder setelah diterbitkan di Pasar Perdana. Perdagangan di pasar sekunder dibuka setelah minimum holding period selesai. Karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder maka harga ORI bisa naik dan turun tergantung permintaan di pasar.

Untuk pemesanan ORI022 silahkan klik link berikut: https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

KARAKTERISTIK PRODUK

karakteristik_produk

MANFAAT PRODUK

1. Potensi keuntungan lebih dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbalan/kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio yang memiliki potensi risiko kerugian yang lebih kecil, karena pelunasan dan pembayaran imbalan/kupon Obligasi Negara Ritel Seri ORI022 sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang.
3. Nasabah berpotensi memperoleh keuntungan (capital gain) apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo, dengan memperhitungkan biaya transaksi dan perpajakan yang berlaku.
4. Nasabah mendapatkan manfaat dengan penerimaan imbalan/kupon secara reguler setiap periodenya sampai dengan jatuh tempo.
5. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Risiko Produk

Penempatan investasi dalam produk Obligasi Negara Ritel ini mengandung risiko-risiko termasuk namun tidak terbatas pada risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Nasabah bertanggungjawab mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko yang berlaku baginya dalam berinvestasi.

Merupakan risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Obligasi Negara Ritel seri ORI022. Sebagai instrumen pasar modal, Obligasi Negara Ritel seri ORI022 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Obligasi Negara Ritel seri ORI022 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

Adalah potensi kerugian (capital loss) apabila terjadi kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga Obligasi Negara Ritel seri ORI022 di Pasar Sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila Investor menjual Obligasi Negara Ritel seri ORI022 di Pasar Sekunder sebelum Tanggal Jatuh Tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya. Risiko pasar dalam investasi Obligasi Negara Ritel seri ORI022 dapat dihindari apabila pembeli Obligasi Negara Ritel seri ORI022 tetap memiliki Obligasi Negara Ritel seri ORI022 sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo, dan hanya menjual Obligasi Negara Ritel seri ORI022 jika harga jual (pasar) lebih tinggi daripada harga beli. Pada saat harga pasar turun, Investor tetap mendapat Imbalan/Kupon setiap bulan sampai jatuh tempo. Investor tetap menerima pelunasan Nilai Nominal Obligasi Negara Ritel seri ORI022 sebesar 100% (seratus per seratus) ketika Obligasi Negara Ritel seri ORI022 jatuh tempo.

Adalah potensi kerugian apabila sebelum Tanggal Jatuh Tempo Pemilik Obligasi Negara Ritel seri ORI022 yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual Obligasi Negara Ritel seri ORI022 di Pasar Sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena Bank Woori Saudara bekerja sama dengan PT Trimegah Sekuritas, Tbk yang akan menjadi stand buy buyer.

MEKANISME PEMBELIAN ORI022


Tiap instrumen memiliki periode masa penawaran, ORI022 hanya dapat dibeli pada masa penawaran tanggal 26 September – 20 Oktober 2022.

Langsung pada saat tanggal Settelment, Kemenkeu akan melakukan pencatatan surat berharga milik Investor.

Paling lambat dua minggu setelah pencatatan (tanggal Settlement), surat kepemilikan akan diterima oleh Investor melalui e-mail yang terdaftar.

Kupon yang sudah dipotong pajak akan langsung dikirimkan ke rekening Investor rutin tiap bulannya hingga jatuh tempo selama 3 tahun.

Pada tanggal jatuh tempo, sisa kepemilikan dan imbal hasil yang tersisa otomatis dikirimkan ke rekening Investor.

• Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Woori Saudara sehingga tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara, BUKAN merupakan bagian dari simpanan nasabah pada Bank Woori Saudara sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
• Investasi pada produk Obligasi Negra Ritel mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Obligasi Negara Ritel yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, dan oleh karenanya Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana yang telah dijabarkan akan menjadi tanggung jawab Nasabah.

ST009

TENTANG SUKUK TABUNGAN (ST)

ST adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana Domestik yang tidak dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder.

Untuk pemesanan ST009 silahkan klik link berikut: https://sbn.trimegah.id/agent/home/woori

KARAKTERISTIK PRODUK

karakteristik_produk

MANFAAT PRODUK

1. Potensi keuntungan lebih dimana Nasabah memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbalan/kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito berjangka pada umumnya.
2. Alternatif investasi Nasabah untuk diversifikasi portofolio yang memiliki potensi risiko kerugian yang lebih kecil, karena pelunasan dan pembayaran imbalan/kupon Sukuk Tabungan seri ST009 sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang.
3. Nasabah berpotensi memperoleh keuntungan (capital gain) apabila dilakukan penjualan dengan harga diatas harga pembelian pada saat sebelum jatuh tempo, dengan memperhitungkan biaya transaksi dan perpajakan yang berlaku.
4. Nasabah mendapatkan manfaat dengan penerimaan imbalan/kupon secara reguler setiap periodenya sampai dengan jatuh tempo.
5. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
6. Sesuai dengan Prinsip Syariah dengan menggunakan akad ijarah (asset to be leased).

RISIKO PRODUK

Penempatan investasi dalam produk Sukuk Tabungan ini mengandung risiko-risiko termasuk namun tidak terbatas pada risiko-risiko yang diuraikan dibawah ini. Nasabah bertanggungjawab mengidentifikasi dan menyetujui setiap risiko yang berlaku baginya dalam berinvestasi.

Merupakan risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST009. Sebagai instrumen pasar modal, Sukuk Tabungan seri ST009 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

Adalah potensi kerugian (capital loss) apabila terjadi kenaikan tingkat bunga yang menyebabkan penurunan harga Sukuk Tabungan seri ST009 di Pasar Sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila Investor menjual Sukuk Tabungan seri ST009 di Pasar Sekunder sebelum Tanggal Jatuh Tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya. Risiko pasar dalam investasi Sukuk Tabungan seri ST009 dapat dihindari apabila pembeli Sukuk Tabungan seri ST009 tetap memiliki Sukuk Tabungan seri ST009 sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo, dan hanya menjual Sukuk Tabungan seri ST009 jika harga jual (pasar) lebih tinggi daripada harga beli. Pada saat harga pasar turun, Investor tetap mendapat Imbalan/Kupon setiap bulan sampai jatuh tempo. Investor tetap menerima pelunasan Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST009 sebesar 100% (seratus per seratus) ketika Sukuk Tabungan seri ST009 jatuh tempo.

Adalah potensi kerugian apabila sebelum Tanggal Jatuh Tempo Pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual Sukuk Tabungan seri ST009 di Pasar Sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena Bank Woori Saudara bekerja sama dengan PT Trimegah Sekuritas, Tbk yang akan menjadi estand buy buyer.

MEKANISME PEMBELIAN ST009


Tiap instrumen memiliki periode masa penawaran, ST009 hanya dapat dibeli pada masa penawaran tanggal 11-30 November 2022.

Langsung pada saat tanggal Settelment, Kemenkeu akan melakukan pencatatan surat berharga milik Investor

Paling lambat dua minggu setelah pencatatan (tanggal Settlement), surat kepemilikan akan diterima oleh Investor melalui e-mail yang terdaftar.

Kupon yang sudah dipotong pajak akan langsung dikirimkan ke rekening Investor rutin tiap bulannya hingga jatuh tempo selama 2 tahun.

Pada tanggal jatuh tempo, sisa kepemilikan dan imbal hasil yang tersisa otomatis dikirimkan ke rekening Investor.

• Bank Woori Saudara hanya bertindak sebagai Agen Penjual produk Obligasi. Obligasi BUKAN merupakan produk Bank Woori Saudara sehingga tidak dijamin oleh Bank Woori Saudara, BUKAN merupakan bagian dari simpanan nasabah pada Bank Woori Saudara sehingga tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
• Investasi pada produk Obligasi Negra Ritel mengandung risiko investasi yang memungkinkan Nasabah kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Obligasi Negara Ritel yang dibeli Nasabah merupakan keputusan dan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya, dan oleh karenanya Bank Woori Saudara tidak memiliki kewajiban apapun atas kerugian, penurunan investasi tersebut, ketidak tersedianya atau pengurangan dana sehubungan dengan investasi tersebut. Demikian pula segala risiko yang timbul sebagaimana yang telah dijabarkan akan menjadi tanggung jawab Nasabah.